Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya
Berita  

Menlu Retno Menggarisbawahi Kepentingan Gencatan Senjata tetap di Gaza

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi menekankan pentingnya gencatan senjata secara permanen di Jalur Gaza, Palestina. Hal ini disampaikannya dalam pertemuan di DK PBB yang turut hadir sejumlah Menlu OKI di New York, Rabu (29/11/2023). Pertemuan tersebut sekali lagi untuk menunjukkan dukungan OKI terhadap Palestina dan merupakan bagian tindak lanjut mandat yang diberikan pemimpin OKI dalam KTT di Riyadh 11 November lalu untuk menggunakan semua upaya guna mencari penyelesaian situasi di Gaza.

Menlu Retno juga menyampaikan kekhawatiran yang dalam atas situasi di Gaza saat ini, terutama terhadap meningkatnya serangan kepada warga Palestina di Tepi Barat. Selain itu, dia menyambut baik truce yang berlangsung saat ini, namun berpendapat bahwa hal itu tidak cukup untuk membuat situasi Gaza lebih baik secara berkesinambungan.

Menurutnya, DK PBB harus dapat mencegah agar kekerasan tidak terulang kembali dan menegaskan bahwa bangsa Palestina memiliki hak untuk merdeka berdasarkan two-state solution.