Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya
Berita  

KSAD Terbaru Dituntut Untuk Menjaga Netralitas di Tahun Politik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di Istana Negara pada hari ini. Pengamat militer sekaligus Ketua DPP Partai Perindo Bidang Hankam dan Siber Susaningtyas Nefo Handayani Kertopati menilai Maruli Simanjuntak merupakan sosok yang cerdas, akademis, rendah hati, dan memiliki kemampuan intelijen yang baik. Karena itu, menurutnya, Maruli pantas menduduki posisi sebagai KSAD menggantikan Jenderal TNI Agus Subiyanto.

Sebagai KSAD, Maruli memiliki sejumlah pekerjaan rumah (PR), salah satunya adalah meningkatkan kemampuan militer dan akademik para prajurit. Maruli diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan kekinian seperti IT, intelijen, serta interoperabilitas prajurit dan perwira.

Menurut Susaningtyas Nefo Handayani Kertopati, pekerjaan rumah Maruli sebagai KSAD dalam waktu dekat ini yakni menjamin keamanan dan netralitas prajurit TNI-AD dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Maruli yang sebelumnya menjabat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis (Pangkostrad) dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 103/TNI/2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat.

Exit mobile version