Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya
Berita  

Mabes TNI Masih Menyelidiki Penyebab Kecelakaan 2 Super Tucano

Penyebab kecelakaan dua pesawat EMB 314 Super Tucano di daerah Pasuruan, Jawa Timur, Kamis, 16 November 2023 masih sedang didalami oleh Mabes TNI. Dua pesawat EMB 314 Super Tucano dari Skadron Udara 21 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang mengalami kehilangan kontak dan ditemukan jatuh di daerah Pasuruan.

“Pesawat Tucano jatuh di Pasuruan, penyebab kecelakaan masih dalam proses penyelidikan,” kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksda TNI Julius Widjojono.

Kedua pesawat dengan nomor ekor TT-3103 dan TT-3111 kehilangan kontak saat melakukan misi Profisiensi Formation Flight dengan rute penerbangan Lanud Abdulrachman Saleh – area lokal – Lanud Abd. Mereka lepas landas dari Lanud Abdulrachman Saleh pada pukul 10.51 WIB dan kehilangan kontak pada pukul 11.18 WIB.

Hingga saat ini, kedua pesawat tersebut dinyatakan mengalami kecelakaan setelah mendapat informasi dari warga. Tim penyelamat dari Lanud Abdurahman Saleh melakukan penyelamatan di lokasi kecelakaan pesawat di daerah Watugede, Pasuruan.

Empat prajurit terbaik TNI Angkatan Udara (AU) tewas dalam kecelakaan tersebut. Pesawat pertama dengan nomor ekor TT-3111 diawaki oleh Letkol Pnb Sandhra Gunawan dan Kolonel Adm Widiono. Sedangkan pesawat lain dengan nomor ekor TT-3103 diawaki oleh Mayor Pnb Yuda Anggara Seta dan Kolonel Pnb Subhan.