Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya
Berita  

Pangdam III/Siliwangi yang Berkarier Gemilang hingga Menjadi KSAD dan Terpilih Sebagai Calon Panglima TNI yang Ahli Menembak

loading…

Komando Daerah Militer III/Siliwangi atau disingkat Kodam III/SLW banyak menghasilkan Perwira Tinggi (Pati) TNI yang memiliki karier yang cerah. Salah satunya adalah Jenderal TNI Agus Subiyanto, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Menurut situs resmi TNI, ada enam Pangdam Siliwangi yang berhasil menjadi KSAD. Keenam Jenderal bintang empat ini memiliki rekam jejak yang impresif.

Pangdam Siliwangi terbaru adalah Jenderal TNI Agus Subiyanto, yang dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi KSAD menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman pada 25 Oktober 2023. Bahkan, Presiden Jokowi telah mengajukan Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI ke Komisi I DPR.

Tidak hanya menjadi KSAD, beberapa Pangdam Siliwangi juga berhasil mencapai posisi tertinggi dalam TNI sebagai Panglima TNI.

Jenderal TNI Agus Subiyanto adalah mantan Pangdam Siliwangi yang berhasil menjadi KSAD. Pada tanggal 25 Oktober 2023, Agus Subiyanto dilantik oleh Presiden Jokowi sebagai KSAD menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Sebelumnya, Agus Subiyanto menjabat sebagai Wakil KSAD sejak 4 Februari 2022. Ia menggantikan Letjen TNI Bakti Agus Fadjari yang dipromosikan menjadi Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI.

Agus Subiyanto lahir dalam keluarga militer dan mengikuti pendidikan seperti anak-anak lainnya. Setelah menyelesaikan pendidikan dasar, menengah pertama, dan menengah atas, Agus Subiyanto memutuskan untuk mengikuti jejak ayahnya sebagai tentara dan melanjutkan pendidikan di Akademi Militer (Akmil). Ia lulus dari Akmil pada tahun 1991.

Setelah itu, Agus Subiyanto mengikuti Kursus Dasar Kecabangan (Sussarcab) Infanteri dan bergabung dengan Kopassus. Ia mengawali karir militernya sebagai Kasiops Sektor A di Timor Timur, kemudian menjadi Danyon 22 Grup 2 Kopassus, dan akhirnya menjadi Kepala Penerangan Kopassus.

Demikianlah ulasan tentang Pangdam Siliwangi yang karier mereka melejit hingga menjadi KSAD.

Exit mobile version