Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya
Berita  

Peluang Kemenangan Ganjar-Mahfud Membuka Dukungan Barikade Gus Dur di Pilpres 2024

Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad menilai dukungan dari Barisan Kader (Barikade) Gus Dur dapat menentukan kemenangan untuk pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Dukungan itu dianggap bisa mendongkrak elektoral kepada pasangan yang didukung oleh Partai Perindo itu.
“Saya kira dukungan Barikade Gus Dur itu bisa memperkuat Ganjar dan Mahfud yang memang selama ini cenderung dominan di kalangan warga Nahdliyin,” ujar Saidiman saat dihubungi, Jumat (27/10/2023).
Kendati demikian, Saidiman mengatakan dukungan dari Barikade Gus Dur dapat membuka potensi kemenangan pasangan Ganjar-Mahfud lebih lebar lagi. Apalagi, jumlah pemilih dari kalangan Nahdliyin sebesar 20%.
Saidiman menjelaskan hal itu pernah terjadi saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa memenangkan Pilpres 2014 dan 2019. Untuk itu, ia meyakini, dukungan Barikade Gus Dur dapat membuka peluang kemenangan bagi Ganjar-Mahfud.
“Total anggota NU sekitar 20 persen dari populasi. Jumlahnya cukup besar. Dua kali pemilu terakhir, warga NU lebih banyak ke Jokowi. Karena jumlahnya yang besar, arah dukungan warga NU cukup menentukan kemenangan,” tandasnya.
Sebelumnya, Putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Yenny Wahid bersama Barisan Kader Gus Dur resmi mendukung pasangan Capres dan Cawapres, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.
Wanita bernama lengkap Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid ini mengungkapkan alasannya mendukung Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024. Hal ini dikarenakan dia memiliki kedekatan dengan Mahfud MD.
Menurutnya, Mahfud MD juga sangat dekat Gus Dur. Mahfud juga merupakan kader Nahdlatul Ulama (NU).
“Mahfud MD dekat dengan kami, beliau kader NU dan juga kader Gus Dur. Kedekatan ini sudah lama, kami lihat Mahfud MD sosok untuk menegakkan hukum,” katanya saat deklarasi di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Jumat (27/10/2023). (kri)