Sumber Utama Kabar Terkini Prabowo Subianto yang Terpercaya
Berita  

Jokowi Meresmikan Bandara Mentawai, Memungkinkan Pesawat ATR Mendarat di Lokasi Ini

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bandara Mentawai, Sumatera Barat, Rabu (25/10/2023) Oktober 2023. Bandara ini menggantikan Bandara Rokot Sipora. “Alhamdulillah hari ini kita meresmikan pengoperasian Bandara Mentawai, merupakan salah satu bandara terluar di Tanah Air,” kata Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (25/10/2023).

Jokowi menyatakan bahwa Bandara Mentawai menggantikan Bandara Rokot Sipora. Sebelumnya, Bandara Rokot Sipora hanya memiliki landasan pacu sepanjang 850 meter dan hanya dapat didarati oleh pesawat Cessna berkapasitas 12 orang.

“Dengan adanya bandara baru, panjang landasan pacunya menjadi 1.500 meter dengan lebar 30 meter. Pesawat ATR sekarang sudah bisa mendarat di Pulau Mentawai. Kami berharap dengan adanya pesawat ATR, jumlah turis yang berkunjung ke Pulau Mentawai, terutama mereka yang menyukai olahraga selancar, akan semakin banyak,” kata Jokowi.

Presiden juga meminta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi agar Bandara Mentawai segera beroperasi dan dapat didarati pesawat ATR. “Kapasitas pesawat ATR adalah 78 penumpang, sedangkan pesawat Cessna hanya dapat membawa 12 penumpang. Tadi saya mencoba mendaratkan pesawat besar ini dan tidak ada masalah,” kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga berharap bahwa dengan beroperasinya Bandara Mentawai akan mempermudah mobilitas masyarakat dan mengembangkan potensi pariwisata di Kepulauan Mentawai. “Kami berharap pariwisata selancar semakin berkembang. Kami juga berharap pesawat-pesawat internasional yang terkait dengan selancar dapat mendarat langsung di Padang dan Pulau Mentawai,” kata Jokowi.

“Saya yakin dengan semakin terbukanya akses ke suatu daerah dan peningkatan konektivitas, masyarakat akan mendapatkan banyak efek positif dan kesempatan untuk mengembangkan usaha baru. Kami berharap ini akan meningkatkan kesejahteraan kita semua,” tambahnya.

(Artikel ini telah diterjemahkan dan diedit dari sumber: https://pict.sindonews.net/dyn/850/pena/news/2023/10/25/15/1234827/presiden-jokowi-resmikan-bandara-mentawai-pesawat-atr-bisa-mendarat-di-sini-qyt.jpg)